“Esssss Lilin” Gerakan 5S (Senyum, Salam, Sapa, Sopan, dan Santun) dan Peduli Lingkungan pada jurusan Teknik Komputer dan Jaringan SMKN 1 Lelea. - Aksi Nyata 3.3

Program “Esssss Lilin” Gerakan 5S (Senyum, Salam, Sapa, Sopan, dan Santun) dan Peduli Lingkungan pada jurusan Teknik Komputer dan Jaringan SMKN 1 Lelea.


Program "Esssss Lilin" adalah program Kokurikuler atau program budaya positif yang dibuat oleh Novia Munafi'ah, S.T. sebagai Peserta Calon Guru Penggerak (CGP) Angkatan 9. Program ini dirancang untuk mengintegrasikan pendidikan lingkungan dan pengembangan kepemimpinan dalam Workshop Teknik Komputer & Jaringan (TKJ). Program ini menggabungkan konsep Gerakan 5S (Senyum, Salam, Sapa, Sopan, Santun) dengan Peduli Lingkungan. Tujuannya adalah untuk mempromosikan nilai-nilai beragama, berakhlak mulia, dan mengembangkan kepemimpinan murid melalui kegiatan sehari-hari seperti Giat Pagi Murid. Melalui program ini, guru memberikan arahan, motivasi, dan kesempatan kepada murid untuk berpartisipasi aktif dalam belajar dan menjaga lingkungan. Selain itu, program ini juga mencakup aktivitas jasmani untuk menjaga kebugaran fisik dan penanaman semangat nasionalisme melalui menyanyikan lagu Indonesia Raya. Jika ada murid yang terlambat, mereka diberikan tugas tambahan berupa membersihkan lingkungan workshop TKJ. Program "Esssss Lilin" diimplementasikan dengan alur BAGJA untuk memastikan efektivitas dan kesinambungan pembelajaran.

LAPORAN PDF

MOHON UMPAN BALIKNYA DI PMM

https://guru.kemdikbud.go.id/bukti-karya/video/632685

Posting Komentar untuk "“Esssss Lilin” Gerakan 5S (Senyum, Salam, Sapa, Sopan, dan Santun) dan Peduli Lingkungan pada jurusan Teknik Komputer dan Jaringan SMKN 1 Lelea. - Aksi Nyata 3.3"