Mulai dari diri - Modul 1.2

1.2.a.3. Mulai dari diri - Modul 1.2

Disusun oleh: NOVIA MUNAFI’AH, S.T.

 

Kegiatan 1. Trapesium usia

 

 

 

SELISIH USIA:

1. Perisiwa 1 : 20 Tahun (Peristiwa Negatif)

2. Peristiwa 2: 21 Tahun (Peristiwa Positif)

 

Tugas 1. Refleksi 

1.      Apa peristiwa positif dan negatif yang saya tuliskan di sana?

Peristiwa Positif: Saya memiliki semangat dan tidak mudah putus asa yang tinggi sehingga saya mendapatkan predikat cumlaude  2 kali dalam jenjang kuliah.

Peristiwa Negatif: Saat Umur 10 tahun dimana rasa ingin tahu sangat tinggi akan pelajaran di kelas, aku sering bertanya dikelas namun oknum Guru tersebut menjawab dengan nada kasar dan kesal “kamu ini bertanya terus dari tadi” dan tidak menjawab pertanyaan dari saya

 

2.      Selain saya, siapa lagi yang terlibat di dalam masing-masing peristiwa tersebut?

Peristiwa Positif: Keluarga yang selalu memberi motivasi

Peristiwa Negatif: Hanya saya dan oknum guru

3.      Dampak emosi apa saja yang saya rasakan hingga sekarang? (silakan gunakan roda emosi Plutchik di Gambar 2 untuk mengidentifikasi persisnya perasaan Bapak/Ibu dimasa itu)

Peristiwa Positif: Gembira

Peristiwa negatif: Takut

 

4.      Mengapa momen yang terjadi di masa sekolah masih dapat saya rasakan dan masih dapat memengaruhi diri saya di masa sekarang?

Karena peritiwa tersebut adalah pengalaman pertama saya membanggakan orang tua di kehidupan luar pada orang lain, tentunya saya merasa gembira dan merupakan pengalaman penting dalam hidup. Peristiwa positif mempengaruhi saya agar terus optimis, semangat dan tidak mudah putus asa memberikan yang terbaik dan berkarya. Berkebalikannya, peristiwa negatif membuat saya menjadi khawatir dan ada ketakutan dalam mengemukakan pendapat, namun saya berusaha melawan rasa takut itu dengan meningkatkan kompetesi saya dalam berkomunikasi aktif kemudian saya berjanji dan termotivasi untuk tidak melakukan perbuatan tercela dari oknum guru tersebut pada peserta didik.

 

5.      Pelajaran hidup apa yang saya peroleh dari kegiatan trapesium usia dan roda emosi, terkait peran saya sebagai guru terhadap peserta didik saya?

Keberhasilan pada peristiwa positif ini mencerminkan semangat dan ketekunan, pengalaman ini telah memotivasi saya untuk tetap optimis dan tidak mudah putus asa dalam mencapai prestasi terbaik. Saya juga telah menghadapi tantangan, seperti pengalaman negatif di masa lalu ketika seorang oknum guru merespon pertanyaan saya dengan nada kasar. Pengalaman ini mengajarkan saya pentingnya empati, serta kemampuan untuk mengatasi ketakutan dalam berkomunikasi. Saat ini, saya menerapkan pelajaran dari masa lalu dalam setiap interaksi, berkomitmen untuk memberikan dukungan, motivasi, dan empati kepada orang lain. Saya yakin pengalaman ini membantu saya tumbuh dan berkontribusi positif dalam lingkungan saya.

 

6.      Bagaimana saya menuliskan nilai-nilai yang saya yakini sebagai seorang Guru, dalam 1 atau 2 kalimat menggunakan kata-kata: "guru", "murid", "belajar", "makna", "peran"?

Sebagai seorang guru, saya meyakini bahwa peran utama saya adalah menuntun murid-murid dalam proses belajar untuk membantu mereka menemukan makna dalam pengetahuan dan mengembangkan potensi mereka sepenuhnya.

 

Tugas 2. Nilai dan peran guru penggerak menurut saya

1.      Apa nilai-nilai dalam diri saya yang membantu saya menggerakkan murid, rekan guru, dan komunitas sekolah saya?

Nilai-nilai dalam diri saya seperti empati, tidak mudah putus asa, optimis, dan kerja sama membantu saya menggerakkan murid, rekan guru, dan komunitas sekolah saya dalam mencapai tujuan bersama dan memberikan pendidikan yang bermakna.

2.      Apa peran yang selama ini saya mainkan dalam menggerakkan murid, rekan guru, dan komunitas sekolah saya?

Sebagai guru professional yang senantiasa menerapkan pembelajaran aktif, bermakna, dan berpusat pada murid. Selalu berkolaborasi dengan rekan guru dalam pengembangan kurikulum dan berperan aktif dalam komunitas MGMP Teknik Komputer dan Jaringan ataupun komunitas Pendidikan lainya.


Posting Komentar untuk "Mulai dari diri - Modul 1.2"