KONFIGURASI JARINGAN PEER TO PEER

 


Jaringan peer-to-peer adalah jenis jaringan komputer di mana setiap komputer atau perangkat dalam jaringan berfungsi sebagai node yang setara atau "peer". Dalam jaringan ini, setiap node memiliki kemampuan untuk berperan sebagai klien (mengirim permintaan atau mengakses sumber daya) atau sebagai server (menyediakan sumber daya atau memenuhi permintaan).

Langkah-Langkah Konfigurasi Peer To Peer


  1. Klik Start. Ketikkan “Control Panel” lalu pilih.
  2. Pada tampilan Control panel Pilih “Network and Internet”, lalu klik Network and Sharing Center.
  3. Pilih Network and Sharing Center.
  4. Pilih Change Adapter Setting, klik kanan pada Local Area Connection.
  5. Pilih tab properties.
  6. Klik”Internet Protocol Version 4(TCP/IPv4)”.
  7. Setelah muncul tampilan seperti dibawah ini, kemudian isi IP di komputer A (192.168.2.8).


8. Lakukan hal yang sama pada komputer yang satunya. Setting dengan IP
9. Setelah muncul tampilan seperti dibawah ini, kemudian isi IP di komputer B (192.168.2.38).



Untuk mengetahui bahwa jaringan terkoneksi atau tidak maka dilakukan tes koneksi ping Laptop A ke Laptop B dan sebaliknya dengan cara, pilih menu Start lalu pilih Run (Windows+R), ketik cmd.


 

10. Pada laptop A, Ketikkan IP Adress yang dimiliki laptop B(192.168.2.38) dan tekan Enter. Jika terdapat pesan Reply ke ip tujuan maka dapat dipastikan Laptop A terkoneksi dengan Laptop B.



11. Pada laptop B, Ketikkan IP Adress yang dimiliki laptop A(192.168.2.8) dan tekan Enter. Jika terdapat pesan Reply ke ip tujuan maka dapat dipastikan Laptop B terkoneksi dengan Laptop A.


Ping Laptop B ke A

Jika Keterangannya TTL Maka berhasil.

Glorasium :
TTL (Time To Live) : Data yang dikirim atau diterima memiliki batasan waktu yang ditentukan oleh jaringan untuk tetap berada dalam jaringan tersebut. TTL juga bisa digunakan sebagai alat untuk mengidentifikasi masalah jaringan. Misalnya, jika TTL terlalu rendah, mungkin menandakan adanya loop dalam rute jaringan atau konfigurasi yang tidak benar.

Posting Komentar untuk "KONFIGURASI JARINGAN PEER TO PEER"